Sabtu, 13 Agustus 2011

PENDAFTARAN TNI AD

Pendaftaran TNI AD 2011

Rekruitment / Penerimaan Pendaftaran Prajurit TNI AD 2011 :
  • Penjelasan Umum Rekruitment :
  • Pendaftaran Akmil
  • Pendaftaran BINTARA
  • Pendaftaran PSDB Penerbangan
  • Pendaftaran Perwira PK
  • Pendaftaran Beasiswa
PENJELASAN UMUM REKRUITMENT TAHUN 2011
Prajurit TNI AD,direkrut dari masyarakat umum dalam upaya memenuhi kebutuhan organisasi TNI AD. Untuk memperoleh prajurit baru yang berkualitas serta mampu memenuhi tuntutan tugas, maka penyediaan prajurit dilaksanakan melalui penerimaan dan pengerahan dengan kegiatan-kegiatan pengujian atau penyaringan berdasarkan persyaratan yang ditentukan.
Persyaratan Umum untuk menjadi prajurit adalah :
1. Warga negara Republik Indonesia,
2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945,
4. Sudah berumur 18 tahun,
5. Sehat jasmani dan rohni, serta
6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
8. Selain itu, harus memenuhi persyaratan lain yang ditentuka dan lulus dari pengujian atau lulus dari penyaringan.
Penerimaan Prajurit di lingkungan TNI AD di bagi dalam 3 kelompok yaitu kelompok Tamtama, Bintara dan Perwira.
Tamtama :
Membentuk prajurit dalam tatanan organisasi TNI/TNI AD sebagai prajurit pelaksana yang terpercaya dengan keterampilan yang tinggi. Karena itu pendidikan Tamtama bertujuan membentuk dan mengembangkan pemuda-pemuda warga negara Indonesia yang memenuhi syarat sesuai ketentuan untuk menjadi Calon Tamtama umum TNI AD.
Bintara :
Membentuk prajurit Bintara dalam tatanan organisasi TNI sebagai pimpinan unit kecil, juru, pelatih, pengawas serta tulang punggung pelaksana tugas TNI/TNI AD. Karena itu pendidikan Bintara bertujuan membentuk dan mengembangkan Bintara; agar mampu, cakap serta mahir melaksanakan tugas dan jabatan sesuai dengan lapangan penugasannya.
Pendidikan Perwira.
Membentuk prajurit Perwira dalam tatanan organisasi TNI/TNI AD sebagai pemimpin dalam arti luas. Dalam arti sebenarnya, yaitu Pimpinan yang mempunyai nilai kejuangan dan kemampuan profesi yang tinggi. Karena itu Pendidikan Perwira bertujuan membentuk dan mengembangkan Perwira agar: mampu, cakap serta mahir melaksanakan tugas dan jabatan sesuai dengan lapangan penugasan, sebagai kekuatan Pertahanan.
=============================================================================

I.     PENDAFTARAN AKMIL ( AKADEMI MILITER ) Tahun 2011
PENERIMAAN PENDAFTARAN AKMIL  ( AKADEMI MILITER )
RENCANA WAKTU PENDAFTARAN :
1. Pendaftaran : 10 Feb s.d 25 Mar 2011
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 28 Maret s.d 1 Juli 2011
3. Sidang Panitia Daerah : 4 Juli 2011
4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : 9 s.d 22 Juli 2011
5. Sidang Panitia Pusat : 27 Juli 2011
6. Buka Pendidikan : 1 Agustus 2011
TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat lengkap tempat Pendaftaran (klik disini)
PERSYARATAN PENDAFTARAN TARUNA AKMIL
1. PERSYARATAN UMUM
a. Warga Negara Republik Indonesia.
b. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
c .Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945.
d..Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 1 Agustus 2011.
e.Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian Republik Indonesia.
f. Sehat Jasmani dan rohani.
g.Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
2. PERSYARATAN LAIN
a. Pria, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri
b. Berijazah SMA/MA program IPA atau yang setara, dengan ketentuan NEM/NUAN sebagai berikut :
1) Lulusan tahun 2007 s.d 2010. Lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 6,5 (dari 10 mata pelajaran) Bagi calon yang menggunakan kacamatan/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 7,5.
2) Lulusan tahun 2011 akan ditentukan kemudian.
c. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama.
d.Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 Cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
e.Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
f. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
g.Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/Wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003).
h. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 Cm.
i. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.
1) Administrasi.
2) Kesehatan.
3) Jasmani.
4) wawancara.
5) Psikologi.
6) Akademik.
3.PERSYARATAN TAMBAHAN.
a. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Depdiknas.
b. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
c. Bebas Narkoba.
d. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.
============================================================
II.     PENERIMAAN PENDAFTARAN BINTARA TNI AD Tahun 2011
RENCANA WAKTU PENDAFTARAN :
1. Pendaftaran : 30 Mei s.d 17 Juni 2011
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : 20 Juni s.d 5 Oktober 2011.
3. Sidang Panitia Daerah : 13 s.d 14 Oktober 2011.
4. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : 19 s.d 1 Nopember 2011.
5. Sidang Panitia Pusat : Pria : 3 Nopember 2011 dan Wanita : 4 Nopember 2011.
6. Buka Pendidikan : 7 Nopember 2011
TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat lengkap tempat pendaftaran (klik disini)

PERSYARATAN BINTARA PK TNI AD
1. PERSYARATAN UMUM
a. Warga Negara Republik Indonesia.
b. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
c. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
d. Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 7 Nopember 2011.
e.Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.
f. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.
g.Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
2. PERSYARATAN LAIN.
a. Pria/Wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI
b. Lulusan SMA/MA/SMK/SPK atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan/terakreditasi.
c. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama.
d. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 Cm untuk pria dan 157 Cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
e.Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
f. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
g.Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003).
h.Pas foto hitam putih terbaru ukuran 4 x 6 Cm.
i. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.:
1) Administrasi.
2) Kesehatan.
3) Jasmani.
4) Wawancara.
5) Psikologi.
3 PERSYARATAN TAMBAHAN
a. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Depdiknas.
b. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
c. Bebas Narkoba.
d. Bagi yang sudah bekerja :
1) Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/Instansi yang bersangkutan.
2) Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Bintara PK TNI AD.
e. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.
===========================================================
III.     PENERIMAAN PENDAFTARAN PSDP PENERBANGAN TNI Tahun 2011
RENCANA WAKTU PENDAFTARAN
1. Pendaftaran : Minggu I Mei s.d Minggu IV Juni 2011.
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : Minggu I Juni s.d Minggu III September 2011.
3. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : Minggu I s.d Minggu II Oktober 2011.
4. Sidang Panitia Pusat : Minggu III Oktober 2011.
5. Buka Pendidikan : Minggu IV Oktober 2011.
TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat Lengkap Tempat Pendaftaran (Klik disini)
PERSYARATAN CALON PA PSDB PENERBANGAN
1. Warga negara Republik Indonesia, Pria bukan mantan TNI/Polri atau PNS TNI.
2. Setia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.
4. Umur pada saat masuk pendidikan pertama tidak kurang dari 18 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.
5. Persetujuan/ijin orang tua/wali
6. Sehat jasmani, rohani dan tidak berkaca mata
7. Tinggi badan minimal 163 dan panjang kaki tidak kurang dari 100 Cm.
8. Berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) jurusan IPA dengan rata-rata nilai UAN akan ditentukan kemudian .
9. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan SKCK dari Polres setempat
10. Belum pernah menikah dan sanggup tidak nikah selama mengikuti pendidikan maupun sekurang-kurangnya dua tahun setelah lulus pendidikan pertama.
11. Melaksanakan Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi Perwira TNI.
12. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai,/karyawan diharuskan :
a. Memiliki surat persetujuan dari Kepala Jawatan/Instansi yang bersangkutan.
b. Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi siswa Pa PSDP Penerbang TNI.
13. Harus mengikuti dan lulus Rik/Uji sesuai Aspek yang ditentukan.
14. Bagi mantan calon Taruna Akmil/Kadet/Karbol Akademi TNI yang dinyatakan tidak lulus tetapi masih memenuhi syarat untuk calon siswa Pa PSDP Penerbang TNI dapat ditampung sebagai sumber calon, tetapi harus mendaftar ulang dan mengikuti Rik/Uji tingkat pusat yang ditetapkan bagi calon siswa Pa PSDP Penerbang TNI.
===========================================================

IV.      PENERIMAAN PENDAFTARAN PERWIRA PK TNI AD Tahun 2011
RENCANA WAKTU PENDAFTARAN :
1. Pendaftaran : Minggu I s.d IV September 2011
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : Minggu I Okt s.d Minggu III Nop 2011
3. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : Minggu I s.d Minggu II Des 2011
4. Sidang Panitia Pusat : Minggu III Desember 2011
5. Buka Pendidikan : Minggu I Januari 2012
TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat Lengkap Tempat Pendaftaran (Klik disini)
Daftar Kebutuhan Jurusan Calon PA PK (Klik disini)
PERSYARATAN CALON PA PK TNI
1. Warga negara Republik Indonesia, Pria/wanita
2.Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS.
4. Berijazah Profesi,Sarjana (S.1) dan Diploma (D.3).
5. Usia pada saat masuk pendidikan tidak lebih dari 32 tahun untuk yang berijazah profesi Dokter, Apoteker dan psikologi 27 tahun bagi yang berijazah Sarjana (S.1) dan program Diploma (D.3) Anestesi serta 25 tahun bagi yang berijazah program Diploma (D.3) lainnya.
6. Berijazah profesi, Sarjana (S.1) dan program Diploma (D.3) Negeri/Swasta dengan persyaratan IPK tidak kurang dari : (Akumulasi dengan ujian negara untuk perguruan tinggi swasta) :
a. 2,40 untuk profesi (Dokter Umum, Apoteker dan Psikologi)
b. 2,80 untuk program Sarjana (S.1)
c. 2,70 untuk program Diploma (D.3)
7. Kesetaraan IPK diatur : Universitas Negeri setara dengan :
a. Universitas swasta dengan akreditasi “A”.
b. Universitas swasta dengan akreditasi “B” + 0,20
c. Universitas swasta dengan akreditasi “C” + 0,40
8. Para Calon yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta harus sudah lulus ujian negara (dengan melampirkan tanda lulus/Ijazah yang dilegalisir oleh Kopertis).
9. Belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama mengikuti pendidikan pertama, kecuali untuk pendaftar berprofesi Dokter diperbolehkan menikah, belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama dalam pendidikan pertama.
10. Berkelakuan baik dan dinyatakan dengan SKCK dari Polres setempat serta tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
11. Sehat jasmani dan rohani.
12. Tinggi badan tidak kurang dari 163 Cm untuk Pria dan 155 Cm untuk Wanita dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
13. Melaksanakan Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung sejak dilantik menjadi Perwira TNI.
14. Bagi karyawan harus Mendapatkan persetujuan dan sanggup membuat pernyataan diberhentian dengan hormat dari pimpinan instansi yang bersangkutan bila lulus seleksi dan masuk pendidikan pertama TNI.
15. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
16. Pernyataan tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas dengan suatu Instansi lain.
17. Harus mengikuti dan lulus Rik/Uji sesuai aspek yang telah ditentukan.
===========================================================
V.  PENDAFTARAN MAHASISWA BEA SISWA TNI Tahun 2011
RENCANA WAKTU PENDAFTARAN
1. Pendaftaran : Minggu I s.d Minggu IV Desember 2011
2. Pemeriksaan uji tk Daerah : Minggu I Januari s.d Minggu II Feb 2012
3. Pemeriksaan/Uji tk Pusat : Minggu III s.d IV Maret 2012.
4. Sidang Panitia Pusat : Minggu IV Feb 2012.
TEMPAT PENDAFTARAN :
1. Ajen Kodam
2. Ajen Korem
3. Kodim
Alamat Lengkap Tempat Pendaftaran (Klik disini)
UNIVERSITAS YANG DAPAT MENERIMA BEA SISWA
(Klik sini)

PERSYARATAN MAHASISWA BEASISWA
1. Warga Negara Republik Indonesia, Pria/Wanita bukan prajurit TNI/anggota Polri dan PNS TNI.
2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.
4. Mahasiswa Perguruan Tinggi :
a. Jurusan Kedokteran Umum sekurang-kurangnya sudah mencapai sarjana kedokteran.
b. Jurusan/Program Studi S.1 lainnya sekurang-kurangnya sudah mencapai 110 SKS.
c. Program Diploma/D III sekurang-kurangnya sudah mencapai 80 SKS.
5. Indek prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya :
a. Program S.1 Kedokteran Umum 2,40.
b. Program S.1 lainnya 2,80.
c. Program Diploma (D.3) 2,70.
6. Kesetaraan IPK diatur : Universitas Negeri setara dengan :
a. Universitas swasta dengan akreditasi “A”.
b. Universitas swasta dengan akreditasi “B” + 0,20
c. Universitas swasta dengan akreditasi “C” + 0,40
7. Usia antara 23 s.d 27 tahun untuk program Sarjana (S.1) dan antara 22 s.d 23 tahun untuk program Diploma (D.3) dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Program Sarjana S.1 jurusan kedokteran Umum minimal sudah menyelesaikan 120 SKS atau semester 6 atau 3 semester menjelang lulus Sarjana Kedokteran (S.Ked), dengan ketentuan usia tidak lebih dari 25 tahun jika belum mencapai sarjana Kedokteran (S.Ked).
b. Program Sarjana (S.1) Jurusan lainnya.
1) Tidak lebih dari 23 tahun, jika telah mencapai 100 SKS.
2) Tidak lebih dari 24 tahun, jika telah mencapai 130 SKS.
3) Tidak lebih dari 25 tahun, jika telah mencapai diatas 140 SKS.
c. Program Diploma / D.III.
1) Tidak lebih dari 22 tahun, jika telah mencapai 80 SKS.
2) Tidak lebih dari 23 tahun, jika telah mencapai 100 SKS.
8. Berkelakuan baik dan tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI, berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, disertai dengan surat keterangan dari Kapolres setempat.
9. Sehat Jasmani dan Rohani
10. Tinggi badan tidak kurang dari 163 Cm bagi pria dan untuk wanita tidak kurang dari 155 Cm.
11. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam status Mahasiswa Beasiswa TNI.
12. Sesuai jurusan/(kesarjanaan yang dibutuhkan dari perguruan tinggi yang ditentukan.
13. Mendapatkan surat rekomendasi dari Dekan. Direktur Fakultas/Jurusan dilampiri transkrip (daftar nilai) studi berikut indek prestasi kumulatif (IPK).
14. Persyaratan khusus.
a. Mengajukan permohonan secara tertulis untuk memperoleh beasiswa Ikatan Dinas TNI kepada Panglima TNI U.p. Aspers, Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur.
b. Sanggup menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun sejak diangkat menjadi Perwira TNI.
c. Sanggup ditempatkan dimana saja, diseluruh wilayah Republik Indonesia setelah selesai pendidikan.
16. Harus mengikuti dan lulus Rik/Uji sesuai aspek yang telah ditentukan.
=======================================================
Sumber Info silahkan klik :  http://www.tniad.mil.id
Catatan : Rajin-rajinlah berkunjung melihat pengumuman ke Website di atas, karena waktu pendaftaran tersebut bisa saja dimajukan beberapa minggu ke depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar